Kamis, 05 Juni 2008

Information and Communication Technology (ICT)

Information and Communication Technology (ICT)

Information and Communication Technology (ICT), atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan integrasi antara dua teknologi, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.

ICT-Information Communication Technology hanyalah sebagai salah satu bagian dari sistem informasi. ICT hanyalah sebagai landasan infrastruktur teknologi yang meliputi hardware, software dan jaringan komunikasi untuk mengambil, mengumpulkan, memproses, dan memberikan output berbentuk content digital. Lebih lanjutnya informasi tersebut didesiminasikan melalui jaringan transmisi data dengan menggunakan berbagai macam jenis peralatan komunikasi (jaringan komputer) baik untuk kebutuhan internal (Intranet) maupun untuk kebutuhan publikasi umum (Internet).


Implementasi ICT dalam dunia Pendidikan (IAIN)

Dengan semakin cepat berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi maka semakin cepat usang pula pengetahuan dan teknologi yang kita miliki. Agar kita bisa mengimbanginya maka harus selalu dilakukan Updating dan Upgrading pada beberapa sisi, mulai dari managemen, human resources, sistem kerja organisisasi, sarana dan prasarana pendukung, pendanaan, dan hal-hal lain yang berkaitan erat dengannya
Menerapkan system informasi selain membutuhkan dukungan ICT tentunya juga membutuhkan Isi (Content), Prosedur (Procedure), dan Peranan SDM (Role) yang semuanya akan menuju satu kesatuan dari kebutuhan yang diharapkan intitusi. Tanpa adanya proses informasi yang efektif maka institusi tersebut akan tidak dapat mengendalikan lingkungan sekitarnya. Mengelola ICT adalah merupakan pekerjaan yang sangat complex dan pada akhirnya konsekuensinya adalah mahal. Kuncinya adalah pentingnya mencari keseimbangan antara keuntungan yang diberikan dari investasi ICT lebih besar daripada biaya yang harus dikeluarkan.
Sistem informasi merupakan seluruh kesatuan proses mulai dari operator sampai dengan managemen puncak, mulai dari teknis pengelolaan ICT yang kita kenal dengan Transaction Processing System (TPS), Sistem Pengambilan Keputusan atau Decission Support System (DSS) , Sistem Informasi untuk Managemen dengan istilah lain (Management Information System), sampai dengan Sistem Pendukung para kalangan Executive atau Executive Support System (ESS).
Secara singkat dapat kami tuliskan bahwa system informasi bukan hanya dikelola oleh para operator computer saja tetapi juga memerlukan peran serta dari para staf teknis dan profesional ICT, supervisor, para mid-level manager, dan juga para Executive Managers
Semakin keatas maka pekerjaan teknis semakin kecil tetapi nilai dari informasi yang dimilikinya semakin tinggi dan hal ini akan dicapai apabila level-level dibawahnya dapat mengerjakan proses-proses yang dibebankan kepadanya dengan baik, efektif, dan efisien. Dengan kata lain semua input yang diberikan atau dientrikan oleh para operator menggunakan ICT, prosedur dan aturan yang berlaku dapat diproses dengan baik sehingga seluruh cotent digital dalam suatu intitusi dapat menghasilkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan managemen.
Apabila kita mencoba menganalisa dari level pada bagian paling bawah. Sejauh mana efektifitas dan efisiensi pekerjaan mereka telah dikerjakan ? Sejauh mana penggunaan ICT telah diterapkan untuk mengelola seluruh pekerjaan tersebut ? Apakah software dan hardware yang dimiliki oleh institusi tersebut sudah dalam kondisi yang ideal atau minimal cukup ? Sudahkah memiliki ruang (Gudang Data) yang dikelola dengan baik ? Apakah seluruh proses tersebut diatas sudah dapat diakses diseluruh unit kerja yang tersebar pada beberapa lokasi ? seberapa banyak dan lengkap informasi yang dapat diberikan untuk stakeholder ? Apakah sudah mengintegrasikannya dengan aplikasi global yang terkoneksi secara luas ? Sejauh mana implementasinya dalam e-Learning, e-government, dan aplikasi electronic lainnya? sejauh mana para civitas akademik memanfaatkan ICT, Serta masih banyak pertanyaan lainnya yang dapat diuraikan untuk melihat performance suatu institusi dalam menerapkan ICT.


http://labcom.sunan-ampel.ac.id/mod.php?mod=content&op=viewcontent&contid=13

2 komentar:

sang pendekar mengatakan...

terima kasih untuk artikelnya. pas banget, ane lagi nyari-nyari untuk bahan kuliah.

oia, jangan lupa mampir ke sini ya...

Information Technology Blog mengatakan...

great post. thank for share.
and dont forget to pay a visit here